Cara Komplain Ke Pos Jika barang Rusak

Keberadaan jasa ekspedisi saat ini begitu dibutuhkan saat pengiriman paket.

Salah satu ekspedisi terpercaya adalah PT Pos Indonesia.

Namun, sebagus apapun service yang diberikan ekspedisi tidak berarti tidak ada komplain dari pelanggan. Lantas, bagaimana cara komplain ke Pos Indonesia?

Macam-macam Komplain dari Pelanggan Pos Indonesia

Bagi kamu yang sedang menghadapi masalah dalam prose pengiriman paket Pos, maka perlu tahu cara komplain ke Pos Indonesia agar diperhatikan dan mendapat bantuan penyelesaian.

Kamu perlu mengungkap apa masalah yang dihadapi saat ini.
Pasalnya ada banyak permasalahan yang memicu komplain dari pelanggan Pos Indonesia.

Lalu, apa saja permasalahan apa saja yang sering muncul? Berikut komplain yang paling sering terjadi pada Pos Indonesia.

  • Paket Salah Kirim

Komplain yang juga sering dialami pelanggan Pos adalah paket tidak sampai ke tangan penerima atau salah kirim alamat.

Hal ini biasanya disebabkan penulisan alamat yang tidak jelas atau keliru sehingga memicu salah kirim dilakukan kurir.

Terlebih jika tidak ada nomor telepon yang bisa dihubungi.

  • Pengiriman Lama

Hal yang paling sering terjadi di pengiriman Pos Indonesia adalah komplain dari pelanggan terkait lama pengiriman.

Jika ekspedisi lain memiliki estimasi waktu setidaknya 3-4 hari kerja, Pos Indonesia bisa mencapai 7 hari kerja.

Untuk permasalahan seperti ini, kamu sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu berapa estimasi waktu dibutuhkan layanan kirim yang akan digunakan.

Umumnya, pengiriman melalui Pos membutuhkan waktu 6-7 hari setelah paket diposkan.

  • Libur atau Weekend Libur

Salah satu hal yang sering dikomplain adalah jam operasional Pos Indonesia yang hanya 8 jam per hari.

Selain itu, hari kerja juga tidak full seminggu, pada weekend dan libur nasional Pos akan tutup.

Hal inilah yang membuat waktu pengiriman Pos jadi lebih lama.

  • Garansi Tidak Ada

Pos Indonesia tidak memberikan garansi atau asuransi untuk pengiriman.

Namun ada garansi khusus untuk jenis layanan Quick9 atau Q9 yang hanya menyediakan pengiriman dalam kota dengan estimasi waktu maksimal 9jam dan maksimal berat barang 5kg.

Jadi, ada baiknya menghindari pengiriman barang bernilai mahal atau elektronik melalui jasa ekspedisi

Cara-cara Komplain ke Pos Indonesia

Nah, apakah salah satu atau semuanya saat ini sedang kamu alami? Lalu, bagaimana cara komplain ke Pos Indonesia?

Ada platform khusus yang disediakan Pos Indonesia untuk menampung dan memproses keluhan tersebut, yaitu:

Hubungi Call Center HaloPos 161

Cara praktis melakukan komplain adalah menghubungi HaloPos di nomor 161.

Call center ini melayani 24 jam penuh dan akan ada tarif telepon lokal jika kamu menghubungi nomor ini.

Kirim Lewat Email

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan komplain melalui email.

Ada lima email aktif milik Pos yang sampai saat ini digunakan untuk layanan customer service, yaitu:

  • Care1@posindonesia.co.id
  • Care2@posindonesia.co.id
  • Care3@posindonesia.co.id
  • Care4@posindonesia.co.id
  • Careleader@posindonesia.co.id

Pastikan kamu menuliskan secara lengkap keluhan disertai dengan lampiran resi, keterangan lengkap terkait penerima dan pengirima.

Biasanya, akan ada respon customer service Pos maksimal 2 hari setelah pelaporan via email.

Live Chat

Fitur layanan ini tersedia di website resmi Pos di alamat https://www.posindonesia.co.id/id yang ada di bagian bawah kanan halaman situs tersebut.

Kamu bisa langsung klik fitur tersebut untuk menyampaikan komplain.

Demikian tadi berbagai cara komplain ke Pos Indonesia yang bisa kamu lakukan saat menemui masalah terkait pengiriman.

Customer service akan menampung dan membantu mengatasinya.

Jika tak kunjung ada penyelesaian dari ketiga di atas, maka kamu bisa datang langsung ke kantor Pos terdekat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.