4 Cara Komplain J&T yang Bisa Dilakukan dengan Mudah
J&T Express termasuk ekspedisi berskala besar yang jasanya sudah banyak digunakan oleh konsumen tanah air.
Namun dalam proses pengiriman, ekspedisi sebesar J&T pun juga tidak luput dari komplain konsumen yang mengalami masalah terkait paket kiriman.
Lantas bagaimana cara komplain J&T?
Biasanya, komplain bisa saja terjadi lantaran barang belum sampai padahal sudah melebihi estimasi waktu kirim, barang alami kerusakan dalam proses pengiriman, atau barang belum kunjung diantar kurir meski hasil lacak resi menunjukkan barang sudah sampai drop point terdekat.
Permasalahan seperti inilah yang kerap memicu kekecewaan hingga komplain dari para konsumen jasa ekspedisi.
Kalau sudah begini, mau komplain ke mana? Tenang ya, pihak J&T Express juga sudah menyediakan layanan untuk menerima komplain konsumen, keluhan ataupun saran yang akan ditanggapi dan dibantu mengatasi.
Komplain ini sangat perlu dilakukan bila konsumen merasa kecewa dengan layanan pihak penyedia jasa.
Terdapat empat cara komplain yang bisa dilakukan, mulai dari menghubungi call center, email, media sosial, hingga datang langsung ke customer service agen terdekat.
Buat kamu yang mau komplain J&T, bisa ikuti empat cara berikut.
Menghubungi Customer Service J&T
J&T sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman sudah pasti memiliki nomor layanan khusus untuk menanggapi saran atau komplain konsumen.
Bila kamu berniat mengadukan masalah terkait paket kiriman, maka bisa menghubungi langsung call center J&T (021) 80661888.
Customer service melalui sambungan telepon akan menanyakan perihal nomor resi pengiriman barang.
Selain itu, pastikan juga pulsa hp kamu mencukupi untuk melakukan panggilan karena call center tersebut bukan nomor layanan bebas pulsa.
Mengirimkan Pesan ke Email J&T
Cara selanjutnya untuk melakukan komplain adalah mengirimkan pesan elektronik ke alamat email J&T.
Lantas, apa alamat email resmi J&T? Kamu bisa memaparkan semua keluhan dan mengirimkan pesan ke alamat ini.
Namun yang perlu diketahui di sini, balasan yang berisi tanggapan J&T melalui email akan butuh waktu lama.
Cara komplain satu ini memang berbeda dari sebelumnya, kamu tidak dapat berbicara langsung dengan customer service.
Komplain Melalui Media Sosial Resmi J&T
Ekspedisi besar seperti J&T juga sudah memiliki berbagai akun media sosial resmi, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
Jika kamu memiliki keluhan atau kekecewaan terhadap proses pengiriman jasa ini, maka dapat menghubungi salah satu dari media sosial resmi J&T.
Respon atas keluhan konsumen lewat media sosial ini biasanya akan lebih cepat. Sehingga bisa jadi pilihan efektif untuk komplain.
Berikut media sosial resmi milik J&T yang bisa dihubungi.
• Instagram : @jntexpressid
• Facebook : J&T Express
• Twitter : @jntexpressid
• YouTube : J&T Express Indonesia
• Line : @expressid
• WeChat : @jntexpressID
Mendatangi Agen Terdekat J&T
Terakhir, cara komplain J&T bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang atau agen terdekat.
Hal ini dapat kamu lakukan jika memang lokasi agen mudah dijangkau atau memang ingin mendapat informasi langsung dari customer service secara jelas.
Saat kamu komplain J&T dengan datang ke kantor cabang atau agen terdekat, maka biasanya akan ditanya terkait data diri seperti KTP serta bukti resi pengiriman.
Hal ini menjadi salah satu syarat untuk melakukan pengaduan ketidakpuasan atau kekecewaan pada jasa pengiriman tersebut.
Selain itu, biasanya kamu juga akan ditanya terkait nama pengirim dan penerima lengkap dengan alamatnya, juga nomor telepon penerima dan pengirim paket.
Dengan begini customer service dapat memproses komplain yang kamu ajukan.
Jadi, lebih baik persiapkan dulu sebelum kamu komplain J&T.